Panduan PMB Jalur UMM D3 dan S1 Alih Jenjang

Page content

PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA EKONOMI :

  • D3 Akuntansi
  • D3 Perpajakan
  • D3 Keuangan dan Perbankan
  • D3 Pemasaran

DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN :

  • D3 Keperawatan

ALIH JENJANG EKONOMI :

  • S1 Manajemen

  • S1 Akuntansi

PERSYARATAN UMUM PENDAFTARAN

DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN:

  1. Lulusan SMA/MA/SMK Kesehatan/SMK Farmasi/SMK Analis/SMK Kimia, berijazah, 5 (lima) tahun terakhir 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022
  2. Bagi lulusan tahun 2022, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.
  4. Tinggi badan minimum; Perempuan : 150 cm Laki-laki : 155 cm
  5. Tidak buta warna, parsial maupun total.
  6. Bebas Narkoba dari RS Pemerintah

DIPLOMA TIGA EKONOMI:

  1. Lulusan SMA/MA/SMK/atau sederajat dan Paket C, berijazah, 5 (lima) tahun terakhir 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022

  2. Bagi lulusan Paket C, usia maksimum saat pendaftaran adalah 22 tahun

  3. Bagi lulusan tahun 2022, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.

  4. Peserta seleksi dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

  5. Bebas Narkoba dari RS Pemerintah

ALIH JENJANG EKONOMI (HANYA DI GELOMBANG II):

  1. Lulusan PTN, angkatan lima tahun terakhir.

  2. Ijazah D3 dan Transkrip Minimal IPK 2,75.

  3. Akreditasi BAN PT Asal D3 dari PTN lain, minimal B (baik).

  4. Biaya konversi setelah diterima adalah Rp 500.000,-

  5. Peserta seleksi dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

  6. Bebas Narkoba <br>

JADUAL PELAKSANAAN

Keterangan Gelombang 1 Gelombang 2 (tentatif)
Pendaftaran 24 Januari – 29 April 2022 17 Mei – 15 Juli 2022
Ujian Masuk 7 Mei 2022 30 Juli 2022
Pengumuman Hasil Ujian 9 Mei 2022 1 Agustus 2022
Registrasi dan Mengunggah data pendukung 10-15 Mei 2022
Pembayaran UKT dan BPIN 16-25 Mei 2022 1-5 Agustus 2022

MATERI UJIAN

EKONOMI : Tes Potensi Skolastik (TPS)
Tes Kemampuan Akademik Soshum (TKS)
KEPERAWATAN : Tes Potensi Skolastik (TPS)
Tes Kemampuan Akademik Saintek (TKS)
ALIH JENJANG : Tes Potensi Skolastik (TPS)
Tes Kemampuan Akademik Keilmuan (TKK)

<br>PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Hasil seleksi diumumkan melalui laman https://admisi.untirta.ac.id

<br>BIAYA PENDAFTARAN

Diploma Tiga dan Alih Jenjang Ekonomi : Rp 400.000,-

Diploma Tiga Keperawatan : Rp 550.000,-

Membayar Iuran Pengembangan Institusi Negara (IPIN), jika dinyatakan Lulus;

  • Diploma Tiga Ekonomi : Rp  5.000.000,-

  • Diploma Tiga Keperawatan : Rp 10.000.000,-

  • Alih Jenjang Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Rp 10.000.000,-

Biaya konversi setelah diterima : Rp?500.000,-

<br>BIAYA PENDIDIKAN

  1. Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor: 379/UN43/KP.TM.01.03/2020 tentang Penetapan Biaya Pendaftaran, Uang Kuliah Tunggal, dan Iuran Pembangunan Institusi Bagi Mahasiswa Baru Program Sarjana Jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Tahun Akademik 2020/2021, yaitu:
No Kode Program Studi K3 K4 K5 K6
1. 5501 Akuntansi 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- -
2. 5502 Manajemen Pemasaran 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- -
3. 5503 Perpajakan 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- -
4. 5504 Perbankan dan Keungan 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- -
5. 8801 Keperawatan 6.000.000,- 6.500.000,- 7.000.000,- -
6. 5551 Manajemen (S1) 3.000.000,- 4.500.000,- 6.000.000,- -
7. 5552 Akuntansi (S1) 3.000.000,- 5.000.000,- 6.500.000,- 7.500.000,-

2. Biaya yang harus dibayar di awal semester I = Biaya IPIN + UKT. Untuk semester selanjutnya yang dibayar hanya UKT.

<br><br>

TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran online dilakukan mulai: <br> Gelombang 1 : 24 Januari – 29 April 2022, pukul 23.59 WIB <br> Gelombang 2 : 17 Mei – 15 Juli 2022, pukul 23.59 WIB (tentative)

  1. Buka laman https://admisi.untirta.ac.id, Klik Daftar pada tanda yang ditunjuk panah merah.

  2. Masukan data yang diminta dan pilihan program studi yang diinginkan. Pastikan data diisi dengan benar (no.HP/email) karena semua data akan mejadi acuan panitia dalam berkomunikasi atu mengirim notifikasi.  

  3. Setelah memasukan kode verifikasi dan ceklis konfirmasi kemudian klik Daftar.

    Peserta Program studi Diploma Tiga Ekonomi, dapat memilih maksimal dua program studi, sedangkan peserta Ahli Jenjang (S1), hanya diperbolehkan memilih satu jurusan, sesuai dengan linieritas ijazah diplomanya.

    Peserta yang berminat memilih Diploma Tiga Keperawatan hanya satu pilihan.

  4. Cetak Bukti Pendaftaran dan tunjukan ke petugas Teler Bank untuk pembayaran, atau bisa melakukan pembayaran dengan salah satu fasilitas Bank cek di sini

  5. Setelah melakukan pembayaran, buka kembali laman https://admisi.untirta.ac.id kemudian pendaftar melakukan Login**,** dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Password yang ada pada Bukti Pendaftaran.

  6. Lengkapi Data dengan Benar dan Cetak Kartu Ujian.

    Pertanyaan / Isian yang bertanda bintang (*) wajib di isi, sedangkan untuk pertanyaan yang tidak ada tanda bintang bisa di isi jika anda mempunyai datanya atau boleh dikosongkan.

<br><br>

Jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Hari dan Tanggal Kegiatan Waktu (WIB) Kelompok Ujian
Gelombang 1 Sabtu 07 Mei 2022 Peserta masuk ruang ujian 08.25 – 08.30 Ekonomi & Keperawatan
Pemeriksaan identitas dan dokumen 08.30 – 08.40
Latihan 08.40 – 08.45
Tes Potensi Skolastik (TPS) 08.45 – 10.30
Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek/Soshum 10.30 – 12.00
Test Kesehatan (Kampus Pakupatan) 12.00 - 17.00 Keperawatan
Hari dan Tanggal Kegiatan Waktu (WIB) Kelompok Ujian
Gelombang 2 Sabtu 30 Juli 2022 Peserta masuk ruang ujian 08.25 – 08.30 Ekonomi , Keperawatan & Alih Jenjang
Pemeriksaan identitas dan dokumen 08.30 – 08.40
Latihan 08.40 – 08.45
Tes Potensi Skolastik (TPS) 08.45 – 10.30
Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek/Soshum, ,<br>Tes Kemampuan Keilmuan (TKK) untuk Alih Jenjang 10.30 – 12.00
Test Kesehatan (Kampus Pakupatan) Keperawatan

Peserta wajib hadir di lokasi ujian, 90 menit sebelum ujian dilaksanakan.

<br><br>

REGISTRASI ULANG DAN DOKUMEN YANG HARUS DISIAPKAN SETELAH DINYATAKAN LULUS TES

Registrasi Ulang diperuntukan bagi Calon Mahasiswa Baru yang sudah dinyatakan Lulus dengan SK Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Sebelum Registrasi Ulang secara online, diharapkan untuk mepersiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Pakta Integritas Uang Kuliah Tunggal Jalur UMM D3 dan Alih Jenjang (download, isi, scan, dan upload).

  2. Surat Pernyataan Mentaati Peraturan (download, isi, scan, dan upload).

  3. Ijazah / Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun 2022 yang belum memperoleh Ijazah.

  4. Akta Kelahiran (scan dan upload).

  5. Kartu Keluarga (scan dan upload).

  6. Bukti pembayaran listrik bagi pelanggang pascabayar atau bukti pembelian token listrik bagi pelanggan prabayar (scan dan upload).

  7. SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) maximal 2 (dua) Tahun terakhir atau Surat Pernyataan tentang Luas Tanah dan Bangunan Rumah yang ditempati bagi yang tidak punya SPPT (download, isi, scan, dan upload).

  8. Surat Keterangan Kesehatan untuk semua Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (scan dan upload)

  9. Bukti Penghasilan Ayah dan Penghasilan Ibu dengan ketentuan sebagai berikut (scan dan upload):

    • PNS/TNI/BUMN/Karyawan Swasta: Slip Gaji / Bukti Penghasilan maksimal 2 (dua) bulan terakhir (terbaru),

    • Wiraswasta/Petani/Pedagang/Buruh/Tidak Mempunyai Pekerjaan Tetap : Surat Keterangan Penghasilan dari Kelurahan dengan mencantumkan nama Pekerjaan dan Nominal Penghasilannya (scan dan upload),

    • Pensiunan : Rekening Koran atau print out Buku Rekening Pensiun maksimal 2 (dua) bulan terakhir (terbaru).

      Jika Ayah sudah meninggal kolom penghasilan di isi nol. Dokumen yang di upload Surat Kematian.

      Penghasilan Ayah dan Ibu di isi dengan data sebenarnya dan tidak boleh 0 semua.

  10. File Pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4x6 cm, berformat *jpg, dengan resolusi maksimum 300pxl x 450pxl, dan ukuran file maksimum 200 kb.

  11. Helpdesk pendaftaran di Gedung Pusdainfo Lantai 1, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Telpon; 0817738817; 081911106670

    Email: pmb@untirta.ac.id dan humas@untirta.ac.id

    Ketentuan Khusus

    1. Calon mahasiswa baru yang tidak dapat memenuhi persyaratan registrasi administrasi sebagaimana yang ditetapkan dinyatakan GUGUR.
    2. Biaya UKT dan IPIn yang telah dibayarkan sesuai dengan besaran yang telah ditetapkan, tidak dapat dikembalikan, kecuali jika mahasiswa yang bersangkutan telah diterima di jurusan/prodi yang ada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, melalui jalur SBMPTN atau SMMPTN Barat.