Panduan Registrasi Ulang SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN 2021
Calon Mahasiswa Baru yang sudah dinyatakan Lulus lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN), yang ditetapkan dengan SK Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa agar mempersiapkan dan wajib melakukan kegiatan sebagai berikut:
Jadwal registrasi ulang*
NO SELEKSI REGISTRASI ULANG PEMBAYARAN UKT 1. SNMPTN 22 Maret - 06 April 2021 12 - 23 April 2021 2. SBMPTN 14 - 26 Juni 2021 29 Juni - 09 Juli 2021 3. SMMPTN 15 - 21 Juli 2021 26 -30 Juli 2021 *) Jika ada perubahan jadwal akan kami informasikan melalui web / email.
Diagram alur proses registrasi ulang secara online.
Penjelasan registrasi ulang secara online sesuai dengan jadwal dan diagram alur di atas adalah sebagai berikut.
Mempersiapkan dokumen yang harus diunggah (upload) dalam bentuk pdf atau jpg (ukuran file tidak melebihi 250 KB).
Dokumen-dokumen yang harus disiapkan :
Pakta Integritas Uang Kuliah Tunggal (download, cetak, isi, scan).
Surat Pernyataan Mentaati Peraturan (download, cetak, isi, scan).
Ijazah bagi lulusan 3 tahun terakhir : 2020, 2021, dan 2022 / Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi lulusan tahun 2022 yang belum memperoleh Ijazah.
Kartu Peserta Tes.
Akta Kelahiran.
Kartu Keluarga.
Bukti pembayaran listrik bagi pelanggang pascabayar atau bukti pembelian token listrik bagi pelanggan prabayar.
Bagi pelanggan listrik 450VA yang digratiskan dan tidak memiliki bukti pembayaran bisa membuatnya di halaman \[**https://stimulus.pln.co.id/**\](https://stimulus.pln.co.id/) seperti pada gambar berikut.
Pilih salah satu yang paling sesuai.
- SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tiga tahun terakhir (pilih salah satu)
- Surat Pernyataan tentang Luas Tanah dan Bangunan Rumah yang ditempati bagi yang tidak punya SPPT (download, cetak, isi, scan)
- Bukti pembayaran sewa rumah bagi yang mengontrak/sewa ditambah Surat Pernyataan tentang Luas Tanah dan Bangunan Rumah yang ditempati
Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah (scan dan upload)
Surat Tes Narkoba dari Rumah Sakit/Klinik/Laboratorium untuk semua Program Studi (scan dan upload)
Surat Pemeriksaan Buta Warna dari Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas untuk Program Studi berikut (scan dan upload) :
No. Program Studi Keterangan 1. Pendidikan Non Formal Tidak Boleh Buta Warna 2. Pendidikan Bahasa Indonesia Tidak Boleh Buta Warna 3. Pendidikan Bahasa Inggris Tidak Boleh Buta Warna 4. Pendidikan Biologi Tidak Boleh Buta Warna 5. Pendidikan Matematika Tidak Boleh Buta Warna 6. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tidak Boleh Buta Warna 7. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tidak Boleh Buta Warna 8. Pendidikan Fisika Tidak Boleh Buta Warna 9. Pendidikan IPA Tidak Boleh Buta Warna 10. Pendidikan Kimia Tidak Boleh Buta Warna 11. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Tidak Boleh Buta Warna 12. Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Tidak Boleh Buta Warna 13. Bimbingan dan Konseling Tidak Boleh Buta Warna 14. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tidak Boleh Buta Warna 15. Pendidikan Sejarah Tidak Boleh Buta Warna 16. Pendidikan Seni Pertunjukan Tidak Boleh Buta Warna 17. Pendidikan Sosiologi Tidak Boleh Buta Warna 18. Teknik Mesin Tidak Boleh Buta Warna 19. Teknik Elektro Tidak Boleh Buta Warna 20. Teknik Industri Buta Warna Sebagian / Partial masih boleh 21. Teknik Metalurgi Tidak Boleh Buta Warna 22. Teknik Kimia Tidak Boleh Buta Warna 23. Teknik Sipil Tidak Boleh Buta Warna 24. Informatika Tidak Boleh Buta Warna 25. Kedokteran Tidak Boleh Buta Warna 26. Gizi Tidak Boleh Buta Warna 27. Ilmu Keolahragaan Tidak Boleh Buta Warna 28. Keperawatan (D3 & S1) Tidak Boleh Buta Warna
Bukti Penghasilan Ayah atau diisi dengan penghasilan Wali yang membiayai Kuliah dengan ketentuan sebagai berikut.
PNS/TNI/BUMN/Karyawan Swasta: Slip Gaji / Bukti Penghasilan (maksimal dua bulan terakhir),
Wiraswasta/Petani/Pedagang/Buruh/Pekerjaan yang tidak mempunyai Slip Gaji/Tidak Mempunyai Pekerjaan Tetap/ : Surat Keterangan Penghasilan dari Kelurahan dengan mencantumkan NAMA PEKERJAAN dan NOMINAL PENGHASILANNYA
Pensiunan : Rekening Koran atau print out Buku Rekening Pensiun (max dua bulan terakhir).
Jika Ayah meninggal isikan penghasilan Nol. Dokumen yang diupload Surat Kematian dari Kelurahan.
Kolom Penghasilan Ayah dan Ibu tidak boleh Nol dua-duanya.
Foto diri berukuran 4×6 dengan format JPG sesuai dengan ketentuan berikut.
- Laki-laki: jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah,
- Perempuan: jas hitam/blazer, baju putih, dasi hitam, background merah,
- Perempuan berjilbab: jilbab warna putih, background merah, jas hitam/blazer tanpa dasi.
Berkas dan registrasi tambahan bagi pendaftar KIP-Kuliah bisa diakses di sini.
Isilah dengan BENAR, AKURAT, dan JUJUR semua data diri anda. Kesalahan dalam mengisi data dan memahami panduan registrasi menjadi tanggung jawab calon mahasiswa baru.
Pertanyaan / Isian yang bertanda bintang (*) wajib di isi, sedangkan untuk pertanyaan yang tidak ada tanda bintang bisa di isi jika anda mempunyai datanya atau boleh dikosongkan.
Menunggu Username dan Password untuk login ke laman https://admisi.untirta.ac.id. yang akan dikirim oleh Panitia Registrasi ke email calon mahasiswa baru.
Cek juga folder SPAM di email anda, karena mungkin email dari kami masuk ke folder SPAM anda. Atau search email dengan judul “Konfirmasi Pendaftaran”.
Registrasi Ulang online melakukan pengisian data diri dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta secara online di laman https://admisi.untirta.ac.id.
Menerima nominal UKT yang bisa dilihat di <https://admisi.untirta.ac.id> menggunakan akun username dan password masing-masing sesuai jadwal pembayaran.
Melakukan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Bank BNI seluruh Cabang Indonesia melalui Teller atau ATM. Tata cara pembayaran UKT bisa diakses di sini.
dengan ketentuan sebagai berikut.
- Melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan menyebut No Peserta Test.
- Menerima bukti pembayaran dari Bank BNI (Teller atau ATM).
- Khusus untuk Program Studi Kedokteran, UKT sebesar Rp15.000.000,00 s.d. Rp22.000.000,00 (UKT Kelompok III s.d. VIII)
Menerima Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Password SIAKAD akan dikirim melalui email masing-masing setelah Pembayaran terkonfirmasi Lunas.
NIM dan Password digunakan untuk melakukan proses kontrak matakuliah di laman https://siakad.untirta.ac.id/portal
- Pendaftar Non KIP-K: setelah melakukan pembayaran UKT
- Pendaftar KIP-K: setelah dinyatakan sebagai penerima KIP-K
Selesai, Mahasiswa Baru selanjutnya menghubungi Fakultas dan Program Studi masing masing untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Lain-lain:
Setiap calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui
email anda masing-masing (pastikan email anda aktif).
Hal yang belum jelas bisa ditanyakan melalui email registrasi@untirta.ac.id atau Hotline Registrasi : 0813-1173-4542